Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Fans Ayara

01 Februari 2008

Sakit Punggung ...

Sakit punggung, keluhannya sakit di daerah punggung, sampai ke paha, apabila kaki coba di luruskan akan terasa seperti tertarik, bila melakukan gerakan tiba-tiba juga langsung terasa sakit, bila duduk sedikit lama untuk bangun dalam kondisi badan lurus kembali, akan butuh beberapa detik untuk meluruskannya, bila sakitnya sudah teramat sangat badan rasanya kaku dan berjalan seperti robot, harus senantiasa menggunakan korset yang fungsinya bukan untuk mengecilkan perut seperti yang dilakukan perempuan-perempuan yang ingin langsing kembali setelah melahirkan, tapi fungsi korset di sini untuk menyangga tubuh agar tetap lurus dalam keaadaan apapun, karena korset ini dilengkapi dengan penyangga di kanan kirinya yang terbuat dari besi yang tipis.

Ah ... gejala dan keluhan di atas akhir2 ini akrab menyambangiku setia bulan. Penyakit dan kondisi seperti ini mulai saya rasakan beberapa bulan setelah proses melahirkan anak pertamaku. Awalnya keadaan dan kondisi ini saya abaikan saja, tetapi semakin lama semakin berat rasa sakitnya. Mulanya hanya sakit pinggang, yang sering rancu dugaannya, tadinya saya pikir itu karena ginjal saya yg bermasalah ... secara saya memang bukan tipe manusia yang gemar minum, lebih sering lupa untuk minum, padahal saya bukan onta yang bisa menyimpan persediaan minumnya di punguknya. Hingga pada suatu ketika badan saya tiba-tiba menjadi Kaku, tidak bisa digerakkan untuk menunduk sama sekali, jalan saya sudah seperti robot, itu dimulai pada Oktober 2006. Dan semenjak hari itu, saya mulai akrab dengan yang namanya fisioterapi dan obat-obatan penghilang rasa sakit.

Dengan pemeriksaan rongent, ternyata baru terlihat kondisi tulang belakang saya yang sudah abnormal, istilah yang diberikan dokter saat itu adalah Pengapuran. Abnormal...? diusia saya yang masih kepala 2 ? Menurut dokter jarang sekali ditemui. Kondisi ini biasanya muncul karena beberapa hal yaitu :
a. Usia, biasanya muncul saat usia 40 tahun ke atas. ( * Lho saya khan baru 27 tahun saat penyakit itu datang, berarti dugaan itu tdk berlaku atas diri saya).
b. Pertambahan berat badan. (* Bisa jadi, karena sewaktu belum hamil, berat badan saya hanya 48 Kg, tapi saat hamil dan melahirkan berat saya naik drastis smp 20 Kg menjadi 67 kg, wow... gendut ya ?)
c. Aktivitas fisik yg berlebihan. (* waduh saya merasa bukan kuli, jadi aktivitas fisik spt apa yg dianggap berlebihan ya ? apakah termasuk menjalani proses melahirkan?)
dan yang lainnya saya lupa .... terkadang usia dan permasalahan pelik yg saya hadapi akhir2 ini membuat saya jadi sering lupa, atau sengaja melupakan sesuatu ya...? ah entahlah ...

Saya juga pernah menjalani MRI atas rekomendasi dokter. MRI itu pemeriksaaan secara menyeluruh untuk otot di tulang kita mulai tampak depan, atas dan samping, karena kalau pemeriksaan yang dilakukan dengan rongent, yang terlihat hanya tulang kita saja dan bentuknya yang tidak abnormal tsb, namun tidak bisa terlihat pangkal permasalahan dari ketidak abnormalannya. Dan berdasarkan hasil MRI, terlihat tulang-tulang belakang saya memang sudah rapuh, dia akan mudah jatuh dan menekan otot2 yang ada diantara ruas-ruas tulang tsb. Penekanan yang terjadi oleh ruas-ruas tulang terhadap otot tsb, mengakibatkan otot-otot tersebut menyembul ke samping dan menekan otot2 yang berada disamping ruas-ruas tulang tersebut yang berfungsi sebagai penyangga tulang2 itu. Untuk tetap mempertahankan agar tulang dapat berdiri tegak untuk menyangga tubuh saya dengan baik, dia akan menegang, dan penegangan tsb mengakibatkan badan saya menjadi kaku dan sakitnya bukan main ...

Dan saat ini, saat saya sedang menulis postingan ini, saya pun masih merasakan rasa sakit itu. Dokter bilang seharusnya saya dioperasi, tapi saya takut ... takut banget sama yang namanya operasi, saya takut gak bangun2 lagi....
Ah.. ketakutan pada seseuatu yg belum tentu terjadi... baru saja seorang temen menuliskan tentang Rasa takut, begini katanya : kebanyakan, orang takut pada sesuatu yg belum terjadi. itu manusiawi. orang selalu merasa kesulitan dgn perubahan. orang ga rela kehilangan kemapanan. tapi, sudahlah, ini hidup. tak ada yg abadi di sini. (By : Jaka Muda)
Dan emang betul yang dia bilang itu .... tapi tetap saja, saya belum berani ambil keputusan untuk dioperasi dalam waktu dekat ini.

Andai saja saya punya opsi lain untuk penyakit saya ini. Karena sekarang ini, saya merasa seperti orang yang sudah cacat, saya merasa penyakit ini membatasi ruang gerak saya, dan mengaburkan mimpi-mimpi serta cita-cita saya untuk meraih apa yang saya inginkan, karier, pendidikan dan masa depan yang jauh lebih baik dari sekarang....

Saya merasa sudah tidak mampu lagi ....

3 komentar:

Kiswanto HNP mengatakan...

Sakit memang. Semoga segera menemukan kesembuhan. Saya Kiswanto (45 th), PNS juga mengalami sakit punggung atas. Mengganggu segalanya. Selasa 18 Maret 2008 akan MRI di RS Kariadi Semarang.

Anonim mengatakan...

ayah saya juga mengalami penyakit yang hampir sama, jika anda menemukan obatnya tolong email saya di :
idransnd@yahoo.com
terimakasih banyak

Anonim mengatakan...

sama saya juga mengalami sakit punggung yang amat sangat saya br umur 28 tahun pusing saya juga malas kedokter disamping itu saya takut dioperasi juga, btw kalo udah sakit banget banget deh jalan susah berdiri pun susah